Sing Me My Songs

Nextofkin: "Bolehkah Kupinjam Cintamu Sejenak?"

Boleh dibilang, karya grup band asal Jogja ini cukup unik. Berbeda dari yang selama ini ditawarkan grup musik Indonesia. Mungkin memang lebih pas dibilang karya, dan bukan cuma lagu atau musik, karena nyatanya pada lagu-lagu mereka ada sentuhan-sentuhan drama dan ada pula kata-kata yang diucapkan dengan gaya narator atau story-telling. Lagu-lagu nextofkin pada album ini, "Bolehkah Kupinjam Cintamu Sejenak?", sangat kaya warna, yakni dalam jenis musik yang dimainkan, cara membawakan lagu dan bahasa. Mengenai jenis musik, barangkali yang layak dapat acungan jempol adalah dipadukannya unsur etnis dengan art rock dan jenis-jenis musik lain tanpa terkesan rumit atau sulit diapresiasi - sebagaimana yang sering terjadi pada lagu-lagu berunsur etnis atau pada musikalisasi puisi. Intinya musik ini enak didengar dan bisa dinikmati oleh semua orang.

Dalam menyanyikan lagunya, terasa betul kekuatan penjiwaan teatrikal dari vokalis Rachel Saraswati. Sebaliknya vokalis/gitaris, Rizky Sasono, membawakan lagunya dengan kalem. Di sini jugalah kekayaan grup ini. Kekayaan seperti itu jarang dieksplorasi oleh grup musik di Indonesia. Apakah karena personil nextofkin dekat dengan dunia teater sehingga unsur teatrikal itu masuk ke karya-karya mereka ini? Jadi teringat karya-karya musikal Andrew Lloyd Webber seperti "Evita", "Phantom of the Opera" dan karya lainnya yang sarat drama dan irama.

Lirik lagu-lagu nextofkin ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Entah mengapa mereka tidak bermain-main dengan Bahasa Jawa. Akhirnya, semua keunikan dan kekayaan yang disuguhkan nextofkin ini telah memberi warna tersendiri pada musik Indonesia.

Post a Comment

Powered by Blogger.

© Sing Me My Songs